Pernahkah Anda mendengar istilah behind the scenes? Behind the scenes biasanya kita temukan saat menonton TV atau ketika menelusuri media sosial. Bahkan, belakangan istilah ini semakin sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Tapi Anda apa arti sebenarnya dari istilah ini? Seberapa pentingkah BTS untuk sebuah brand? Simak artikel di bawah ini untuk menemukan jawabannya.
Apa Itu Behind The Scenes?
Behind the scene (BTS) atau making of adalah video di balik layar, dengan penekanan pada proses pembuatan serial, film, atau proyek. Sutradara, produser, dan aktor/talent lah yang mendorong terjadinya BTS. Behind the scenes menampilkan sisi lain dari versi karya yang mulus di depan layar.
BTS identik dengan industri hiburan atau perfilman, penonton ingin melihat bagaimana film/acara tv favorit mereka dibuat. Dalam beberapa kasus, video behind the scenes berakhir lebih lama dan lebih sukses daripada video aslinya.
Durasi video BTS biasanya hampir sama dengan trailer film. Mulai dari 2 hingga 3 menit. BTS juga bisa meningkatkan rasa penasaran audiens. Apalagi jika film atau proyek yang ditayangkan sangat bagus secara visual. Penonton pasti akan tertarik dengan apa yang terjadi di balik layar pembuatannya.
Untuk bisnis dan brand, video BTS menawarkan cuplikan “keajaiban” di balik perusahaan dengan menghadirkan kisah mereka dan orang-orang yang menjadi bagiannya. Video-video ini juga membantu brand untuk membangun kepercayaan dan menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan calon klien dan pelanggan mereka.
Behind the scenes video memberikan nilai bagi bisnis. Nilai sebuah brand membedakan antara perusahaan tanpa ikon yang bisa dilupakan orang dalam dua menit, dengan perusahaan yang menarik yang sering dikunjungi orang berkali-kali.
Konten berbasis value menginspirasi kepercayaan dan mengembangkan hubungan yang mendalam dengan calon konsumen Anda.
Untuk Apa Behind The Scene Dibuat?
1. Industri perfilman
Dalam industri perfilman, behind the scene dapat memberikan penonton sebuah sneak-peek pembuatan film. Hal ini akan mendekatkan penonton secara emosional kepada aktor, atau bahkan film/franchise yang ia idolakan.
Selain itu, video behind the scenes dapat menunjukan teknik dan perubahan yang dilakukan sebelum dan sesudah proses pengeditan.
2. Brand atau bisnis
a. Menampilkan tim di balik sebuah proyek.
Seringkali dalam bisnis, konsumen benar-benar tidak melihat proses dan hanya melihat produk akhir.
Misalnya saja sebuah event – pengunjung membeli tiket untuk masuk, menikmati pengalamannya, lalu pergi. Dengan menyediakan materi tambahan ini (yaitu, video ‘behind the scenes’), konsumen memiliki kesempatan untuk belajar lebih banyak, menambah nilai dengan meningkatkan dan meningkatkan pengalaman mereka secara keseluruhan.
b. Mengedukasi audiens tentang seberapa dalam dan panjang pekerjaan yang terlibat, memungkinkan pemahaman dan apresiasi yang lebih dalam terhadap suatu proyek.
c. Menawarkan ‘ekstra’ dengan menyediakan materi yang mendukung dan melengkapi proyek.
Apakah ada sesuatu yang inovatif dalam proyek Anda yang menciptakan kegembiraan dalam tim Anda? Biasanya audiens Anda tidak akan pernah menyadarinya.
Video behind the scenes bekerja dengan cara yang sama seperti DVD bonus yang disertakan dengan film. Konsumen yang membeli set DVD mendapatkan nilai tambah pada produk normal yang meningkatkan kemungkinan konten dibagikan dan menciptakan buzz.
d. Menampilkan “wajah” dari sebuah produk
Orang-orang bisa terpesona dengan ‘cerita behind the scenes‘ dan melihat orang-orang yang terlibat. Wawancara dengan karakter kunci menawarkan wawasan tentang inspirasi di balik konsep atau motivasi yang mengarah ke produk akhir.
Hal ini bisa mencakup cerita dari perjalanan – masalah dan hambatan yang diatasi dan hubungan yang dibangun dan tumbuh di dalam tim. Sangat menarik untuk melihat kru berinteraksi pada tingkat profesional dan selama waktu di balik layar mereka.
Jenis-Jenis Video BTS Yang Bisa Anda Buat Untuk Brand
Terdapat beberapa jenis konten video BTS yang bisa dibuat untuk menampilkan brand Anda.
1. Konten Team-Building
Pelanggan potensial dan klien akan senang mengetahui bahwa tim Anda bekerja sama dengan baik. Menciptakan budaya persahabatan dan penghargaan mengarah pada sinergi dalam segala hal yang Anda lakukan.
Konten seperti itu akan menunjukkan bahwa Anda memelihara hubungan dekat dan menciptakan lingkungan kekeluargaan. Hal ini akan menjadi daya tarik untuk klien yang memiliki nilai yang sama. Konten juga akan meyakinkan klien bahwa mereka berada di tangan tim yang mencintai apa yang mereka lakukan.
Ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan karakter perusahaan Anda. Apakah Anda orang-orang dengan wajah tersenyum? Sangat menyenangkan? Atau apakah Anda lebih dari kru yang dingin dan serius?
Semua persona yang ingin Anda tunjukkan sama baiknya dan memiliki audiens-nya sendiri. Pikirkan tentang persona pembeli Anda dan tipe pelanggan yang ingin Anda hubungkan.
2. Konten Progress
Bagikan kemajuan dan kesuksesan brand. Kantor, pelatihan, dan workshop baru — tunjukkan semua. Berinvestasi dalam tim Anda adalah tanda perusahaan sehat yang bertekad untuk sukses, jadi mengapa tidak menyoroti pencapaian ini?
Anda akan menginspirasi dan memotivasi audiens Anda, dan menunjukkan bahwa perusahaan berkembang. Tujuan dari hal ini cukup sederhana, yaitu menciptakan pola pikir: “Orang-orang ini berkembang, mereka pasti melakukan pekerjaan yang luar biasa! Coba saya cek brand ini. ”
Konten semacam ini akan berdampak besar pada prospek Anda, dan karyawan Anda. Pastikan untuk mengenali mereka, memuji mereka, dan berbagi pertumbuhan perusahaan dengan mereka juga. Tim akan merasa dihargai dan terlibat, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih baik dan menjadi lebih produktif.
3. Konten Lucu
Semua orang suka tertawa. Jika Anda dapat membuat prospek dan klien tertawa, Anda akan menciptakan hubungan emosional dengan audiens Anda.
Menurut BuzzSumo, konten lucu berada di peringkat tiga teratas jenis posting yang menimbulkan hubungan emosional dengan orang-orang.
Ternyata, orang-orang membagikan konten semacam ini lebih banyak daripada yang lain — jadi mulailah membuat audiens Anda tertawa!
Gunakan humor dalam posting media sosial untuk mencerahkan hari klien dan calon pelanggan Anda dan memperdalam hubungan Anda.
4. Konten Personal
Memposting hanya konten yang berhubungan dengan bisnis itu membosankan. Jika Anda terus melakukannya, orang-orang yang terlibat dengan Anda di saluran yang berbeda akan mulai mengabaikannya, karena kontennya tidak beragam, manusiawi, atau cukup menghibur.
Tidak peduli niche Anda, konten Anda harus menyertakan posting pribadi. Pilih platform yang tepat untuk mempublikasikan konten BTS.
5. Konten Keseharian
Buat konsumen merasa seperti mereka terhubung dengan orang dan bukan ”brand”. Ungkapkan apa yang ada di balik sisi korporat perusahaan Anda dan tunjukkan apa yang biasanya dilakukan tim setiap hari.
Siapa nama orang-orang yang bekerja di perusahaan Anda? Apa cerita mereka? Apa keuntungan bekerja di perusahaan tertentu?
6. Konten Budaya Perusahaan (Company Culture)
Tidak hanya memiliki pengaruh terhadap klien, video BTS bisa memberikan wawasan nyata kepada sumber daya manusia yang secara aktif mempertimbangkan Anda sebagai pemberi kerja.
Video ini membantu Anda menyoroti budaya dan kepribadian brand untuk prospek, pelanggan, dan calon karyawan. Mereka adalah alat yang luar biasa untuk menceritakan kisah brand Anda, sehingga orang-orang bersemangat untuk berbisnis dengan Anda.
Tips untuk Pembuatan Video Behind The Scenes
Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk membantu Anda:
-
Jangan gunakan konten lucu di LinkedIn. Platform ini didedikasikan untuk para profesional yang ingin terhubung dengan rekan-rekan mereka atau mempelajari lebih lanjut tentang industri, statistik baru, wawasan, dan tren
-
Facebook dan Instagram bagus untuk semua jenis konten BTS, tetapi tidak untuk bacaan berat seperti studi dan penelitian. Tetap ringan dan menghibur
-
Twitter adalah alat yang luar biasa untuk berbagi konten BTS. Namun, perhatikan formatnya. Sementara gambar disambut di platform ini, Anda mungkin ingin harus mempertimbangkan video.
Anda telah menginvestasikan upaya yang signifikan untuk membuat video sehingga lebih baik untuk mempromosikannya di Youtube atau Facebook, di mana video dapat menjangkau audiens yang lebih besar.
Ingat, Twitter sangat cepat! Kemungkinannya adalah, video Anda tidak akan memiliki jangkauan yang Anda inginkan.
Buat Video Behind The Scenes dengan Superpixel
Setelah membaca bagaimana video behind the scenes dapat membantu Anda, saatnya Anda memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat video BTS. Superpixel, creative agency yang berbasis di Singapura yang membuat berbagai video animasi untuk keperluan korporasi seperti corporate video, branding, explainer video, dan lain-lain.
Dengan menggunakan jasa kami di Superpixel, pembuatan video BTS Anda akan ditangani oleh profesional dan ahli. Jangan ragu untuk bertanya dan menghubungi kami. Klik di sini untuk berbicara dengan Superpixel.
Share this