Informasi merupakan salah satu bukti terbukanya dunia untuk masyarakat luas. Hanya saja, ketika informasi disampaikan dengan mentah dan terlalu naratif, itu menjadi tidak menarik dalam artian lain membosankan dan sulit dipahami masyarakat awam. Karena itu, munculah infografis untuk mengubah informasi menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh orang awam. 

Karena menyajikan dalam bentuk visual informatif yang menarik, teknik pewarnaan dan animasi adalah komponen terpenting untuk membuat infografis. Tapi, Anda juga tidak perlu memikirkan terlalu jauh sendiri karena sekarang sudah ada Superpixel Animation Studio yang membantu mengerjakan infografis. Mau tahu lebih tentang  lanjut? Yuk baca penjelasan berikut.

Infografis

Apa Itu Infografis?

Infografis (Infographics) adalah gabungan dari kata information dan graphics. Infografis diartikan sebagai visualisasi dari informasi, data atau pengetahuan melalui bagan, grafis, jadwal dan lainnya yang menggabungkan data dan desain dengan lebih baik daripada data yang diinterpretasikan dari teks saja. 

Dengan visualisasi kompleks dan menarik, maka sebuah data, gagasan, informasi atau pengetahuan lebih cepat untuk dipahami. Infografis sering digunakan dalam media massa cetak seperti majalah atau surat kabar dengan bentuk map atau peta. Ada pula infografis untuk mengilustrasikan berita menggunakan bahasa analogi, simbol dan metafora biasanya berupa ilustrasi.

Anda dapat mengatakan jika gambar atau foto yang terdapat pada topik berita tidak merepresentasikan berita tersebut dengan baik. 

Terkadang gambar thumbnail pada berita tidak benar-benar merepresentasikan isi dari berita tersebut.Apabila tidak memungkinkan dilakukan pemberitaan secara naratif, karena ruang di halaman surat kabar maupun majalah kurang atau dipandang narasi  kurang mempertimbangkan tingkat pemahaman pembaca terhadap sebuah peristiwa. Karena itu infografis ada sebagai berita visual atau data bergambar.

Daya pikat infografis dilihat dari bagaimana rancangan visualnya, penggunaan ikon dari yang sederhana hingga unik, tata letak elemen-elemen desain dan pemilihan warna yang tepat. Dengan begitu ketertarikan khalayak untuk mengetahui lebih lanjut apa isi dari infografis tersebut timbul.

Tujuan Pembuatan Infografis?

Orang memproses informasi yang disampaikan dengan gambar jauh lebih cepat, sedangkan informasi yang disampaikan dengan teks akan diproses secara linear. 

Untuk media cetak, berita yang disampaikan secara deskriptif juga penting ditunjang menggunakan visualisasi untuk memperjelas berita. Tujuannya tidak lain membuat pembaca seolah-olah berada langsung di lapangan. Tampilan datanya harus memenuhi unsur dalam membuat infografis di media cetak yang bersifat sebagai produk budaya populer.

Tujuan infografis secara kebutuhan komunikasi intinya adalah untuk menginformasikan, menghibur, atau membujuk pembaca. Infografis memiliki cara memperkenalkan dan mendapatkan perhatian pembaca, sehingga target mengetahui mengapa harus meluangkan waktu untuk membaca infografis.

Tujuan secara umum dibuatnya infografis dapat Anda dilihat seperti di bawah ini: 

  1. Mengkomunikasikan pesan yang kompleks menjadi lebih sederhana.

  2. Mempresentasikan informasi lebih singkat dan mudah dipahami.

  3. Untuk mempermudah menjelaskan data.

  4. Memonitor parameter perubahan secara periodik.

Peran Infografis pada Media Massa Cetak

Menerjemahkan berita dalam bentuk gambar pastinya diharapkan semakin memberi pemahaman pembaca pada berita yang dibaca. Infografis memang bukan bidang yang memiliki nilai ekonomis menjamin maupun berpengaruh secara signifikan dibandingkan bidang lain dalam desain komunikasi visual. 

Namun, infografis justru sangat membantu masyarakat untuk mengerti, mereproduksi dan merekonstruksi berita yang dikonsumsinya. Inilah tugas desainer komunikasi visual untuk membantu masyarakat mengerti setiap informasi dalam media massa cetak. 

Oleh karena itu, sudah seharusnya tugas desainer grafis dalam industri media massa cetak tidak hanya menjadi warga yang bertugas mengatur halaman, tetapi bisa sejajar dengan wartawan dalam mengolah berita. Redaktur redaksional pun diharapkan menaruh perhatian lebih kepada berita yang bersifat visual.

Jenis-jenis Infografis

Terdapat dua pembagian utama infografis, yaitu berdasarkan tampilan dan fungsi. Anda dapat membaca selengkapnya ada di bawah ini:

Infografis Berdasarkan Tampilan

Berdasarkan tampilan infografis dibagi menjadi dua jenis, yaitu grafis informatif dan grafis visual. 

1. Grafis informatif

Grafis informatif dicirikan dengan grafis yang memaparkan kejadian, proses, hasil penelitian maupun fakta secara artistik. Unsur seni yang ditonjolkan adalah warna, bentuk, irama, kesatuan serta komposisi antara penempatan infografis dan naskah yang diperhatikan untuk menarik perhatian pembaca. 

Infografis

Jawa Pos 5 Juli 2002

Bisa Anda lihat pada gambar di atas terdapat unsur yang memaparkan hasil penelitian secara artistik. Bisa Anda simak terdapat teks yang mendampingi gambar, itu berfungsi untuk merangkum ulasan dalam teks naratif atau bahkan yang tidak terdapat dalam teks naratif. Karena itu, nantinya infografis berdiri sendiri namun tetap menjadi satu kesatuan dengan topik yang dibahas.

2. Grafis visual

Grafis visual merupakan grafis yang digunakan untuk mengilustrasikan informasi dengan cara digambarkan secara simbol, analogi dan metafora dengan artistik. Grafis visual tidak memiliki ulasan maupun teks pendukung yang mendampingi gambar. 

Dalam beberapa kasus, grafis visual ditujukan tidak hanya sebagai ilustrasi yang sifatnya penghias berita belaka, namun juga sebagai sebuah karya seni yang multi interpretasi.

Infografis

Koran Kompas

Infografis Berdasarkan Fungsi

Kalau kita membaca tulisan dari Artacho-Ramírez, Diego-Mas, & AlcaideMarzal (2008) secara garis besar ada empat jenis infografis, yaitu: 

1. Infografis statistical based

Jenis infografis ini tentunya berdasarkan data statistik atau statistical based biasanya mencakup bagan, grafis, diagram, tabel dan daftar yang dapat meninjau seputar informasi statistik.

Infografis

Graphie Global Interaktif

2. Infografis timeline based

Infografis timeline based merupakan infografis yang didasarkan pada jadwal dan atau menunjukkan kejadian dari waktu ke waktu secara urut. Dengan tampilan infografis ini memungkinkan pembaca memahami hubungan kronologis suatu kejadian lebih cepat. Jenis infografis ini dicirikan dengan tampilan dalam bentuk tabel, paragraf tahun demi tahun.

Infografis

Slidesgo

3. Infografis process based

Infografis jenis ini dapat digunakan untuk menjelaskan tentang ruang kerja, pabrik atau kantor sehingga pembaca memahami ruang terbatas secara praktis.

Infografis

Infographics Lab

4. Infografis berdasarkan pada lokasi atau geografi

Dengan bantuan Geographic Information System, peta mampu ditunjuk sebagai cara terbaik menunjukan infografis berdasarkan geografi. Sekarang ini telah banyak dijumpai notasi GIS dalam mengidentifikasi rumah sakit, bandara, jalan, rute kereta, dsb. Selain itu, ada penggunaan skala atau rasio yang tepat sebagai salah satu elemen penting.

Infografis

Kementerian Kelautan dan Perikanan

Elemen Pembangun Infografis

Untuk dapat membuat sebuah infografis, maka diperlukan elemen dasar yang membangunnya. Berikut 3 elemen dasar untuk pembangun infografis.

1. Material

Dalam membuat infografis Anda harus menentukan material atau bahan penyusunnya berupa data, informasi atau pengetahuan. Tanpa materi tersebut, infografis tidak akan bisa dibuat.

2. Kreator

Tentu saja yang terpenting adalah alat untuk membuat infografis itu sendiri. Kreator yang dimaksud adalah perangkat lunak (software) yang mendukung pembuatan infografis. Anda harus mempelajari bagaimana mengaplikasikan software tersebut sehingga dapat menampilkan hasil infografis yang terbaik.

Tetapi Anda juga dapat meminta bantuan dari Design Driven Animation Studio “Superpixel” melalui web resminya https://superpixel.co.id/ untuk wilayah Indonesia dan https://www.superpixel.sg/ untuk wilayah Singapore. Apa itu Superpixel? Akan dijelaskan pada bab selanjutnya.

3. Elemen Visual

Elemen visual yang diperhatikan dalam infografis adalah kode warna, grafis dan ikon yang akan dipergunakan dalam pembuatannya. Elemen visual haruslah sesuai dengan isi, tujuan dan target pembaca dari dibuatnya infografis ini.

Superpixel Siap Membantu Pembuatan Infografis

Untuk membantu Anda dalam membuat infografis yang menarik yaitu terdapat studio yang bernama Superpixel dengan web resminya https://superpixel.co.id/ untuk wilayah Indonesia dan https://www.superpixel.sg/. Superpixel merupakan sebuah studio animasi berbasis desain yang dapat membantu Anda dalam pembuatan animasi baik 2D maupun 3D dengan kualitas terbaik.

Superpixel menegaskan untuk selalu memulai dengan mempelajari secara mendalam tentang merek dan bisnis kerjasama dalam membantu client mengartikulasikan apa yang paling penting. Terbukti dengan banyaknya hasil kerjasama terbaiknya membantu desain untuk merek-merek ternama. 

Apa yang Superpixel Dapat Bantu?

Ada 3 aspek utama yang dapat Superpixel bantu untuk permasalahan infografis Anda, yaitu:  

1. Animasi

Animasi objek atau gambar statis yang bergerak. Dilansir dari glints animasi dibuat dengan cara mengumpulkan gambar, kemudian ditampilkan satu per satu dengan urut dan cepat. Sehingga nantinya gambar akan terlihat lebih nyata karena selain hidup dan bergerak, juga membentuk cerita.

Superpixel akan membantu Anda dengan media animasi apa pun, baik itu video animasi karakter 2D, 3D yang lengkap, atau efek visual. Superpixel juga membantu mendefinisikan projek Anda melalui konsep yang lebih segar dan relevan untuk meningkatkan cerita. Konsep ini akan sangat membantu dalam menonjolkan salah satu elemen penting infografis.

2. Motion graphic

Sedikit kompleks dari animasi, motion graphics merupakan percabangan dari seni desain grafis dimana terdapat penggabungan antara ilustrasi, tipografi, fotografi dan videografi dengan menggunakan teknik animasi. Motion graphics memiliki istilah lain yang disebut Grafis Gerak.

Peran motion graphic di dalam dunia broadcast sangat kuat, Anda dapat melihat contohnya dalam pembuatan iklan komersial, program berita, program hiburan, promo, dan untuk opening suatu program televisi. 

Infografis yang dikemas dalam program berita pada televisi maupun media online, pasti akan lebih dimengerti masyarakat. Karena itu Anda tidak perlu ragu bekerja dengan Superpixel yang sangat berpengalaman dalam penafsiran dan penjelasan konsep-konsep sulit untuk menjadikannya lebih relevan dan dapat dihubungkan dalam segala bentuk grafis gerak. 

3. Konten interaktif

Dilansir dari gamelab, konten interaktif merupakan jenis konten dimana perlu dan adanya dorongan audiens untuk terlibat secara lebih aktif, sehingga sebuah konten tidak diterima hanya dengan kepasifan. Pada konten interaktif akan memberi efek seperti percakapan antar pembuat konten dengan audiens. Contohnya seperti kuis, polling dan survei, infografis interaktif, video interaktif, dsb.

Selain ahli dalam visual bergerak, Superpixel telah terlibat dalam banyak proyek konten interaktif untuk membawa lebih banyak pengalaman. Sudah pasti platform seperti Superpixel membuka lebar konsultasi maupun bantuan untuk infografis interaktif dengan visualisasi terbaik.

Merek Kolaborasi Superpixel

Kalau penjelasan di atas hanya seputar apa yang dilakukan Superpixel untuk membantu dalam menyelesaikan masalah infografis Anda, maka di sini akan membuktikan seberapa jauh platform ini telah bekerja.

Melalui web resminya https://superpixel.co.id/ untuk wilayah Indonesia dan https://www.superpixel.sg/ untuk wilayah Singapore, Superpixel secara garis besar telah bekerja sama dengan 12 merek besar.

  1. DBS Bank 

  2. Estee Lauder 

  3. Giant (toko swalayan)

  4. Gardens by the Bay

  5. FOX(perusahaan broadcast)

  6. SGX (bursa efek Singapura)

  7. Resort World Singapore

  8. QUARTZ

  9. Kao

  10. Formula1

  11. Coca-cola

  12. Universal

Hasil Kolaborasi Superpixel

Terlihat bekerja sama dengan merek besar, apakah Superpixel dapat membantu Anda untuk mengerjakan infografis dan bukan hanya pembuat animasi? Jawabannya tentu saja bisa. Meskipun terlihat hanya platform pembantu pembuat animasi, bukankah justru itu kunci utama dari infografis. Tapi, Anda dapat melihat pada ulasan di bawah ini untuk hasil kerja Superpixel.

1. National Geographic & Dyson Factoids “Clear the Air”

Infografis

Superpixel

Gambar di atas merupakan contoh dari infografis. Terdapat animasi menarik yang diperjelas dengan informasi yang tidak naratif sehingga mudah dipahami. Sebenarnya hasil pada kolaborasi ini adalah video atau yang disebut motion graphic dan jenis infografisnya adalah process based

Untuk mengetahui lebih lanjutnya Anda dapat melihat melalui https://www.superpixel.sg/national-geographic-dyson-factoids.     

2. Spring Singapore, Enabling Enterprise

Infografis

Superpixel

Sama dengan proyek “Clean the Air”, hasil pada kolaborasi ini adalah animasi video atau yang disebut motion graphic. Jika melihat keseluruhan videonya, Anda akan tahu bahwa diperlihatkan setiap sudut dan fungsi penting pada sebuah tempat, ini adalah infografis jenis process based yang sesungguhnya.

Anda dapat mempelajari penyusunan infografis jenis process based selengkapnya pada https://www.superpixel.sg/spring-singapore.

3. Ministry of Communications and Information “Making Each Day Better, Together”

Infografis

Superpixel

Pada proyek kali ini sepertinya Superpixel bekerjasama dengan Pemerintah Singapura membuat video animasi 3D yang menarik untuk Pekerjaan dan Pendidikan serta untuk Perawatan Kesehatan. Kolaborasi warna yang dipilih tidak terlalu menyilaukan tetapi tetap membuat gambar hidup. 

Untuk isinya terdapat beberapa data yang ditampilkan guna menginformasikan setiap warga Singapura tentang berbagai strategi dan peningkatan manfaat dalam berbagai sektor ekonomi. Superpixel telah menghadirkan beberapa model yang luar biasa untuk menarik perhatian pemirsa pada detail dan pesan dari video animasi. Jadi, apakah masih meragukan Superpixel?

4. Workplace Safety And Health Council “How you work is how you live”

Infografis

Superpixel

Pada hasil nomor 4 ini dikemas seperti kartun. Karena berupa animasi kartun, sehingga bisa dikatakan produk dari konten interaktif. Penyampaian informasi tidak ditampilkan dengan teks sederhana, namun dengan penjelasan suara.

Apa ini juga termasuk infografis? Kembali lagi pada definisi awal infografis yang adalah visualisasi dari sebuah informasi. Selama terdapat informasi dan dikemas dengan grafis baik bergerak maupun tidak, maka itu juga dapat dikatakan infografis.

Dari penjelasan di atas, mulai dari pengertian, jenis dan elemen pembangun infografis, tidakkah Superpixel sebagai platform yang memfasilitasi sangat membantu? Anda juga dapat belajar pengaplikasian infografis dengan melihat hasil proyek dari web Superpixel, yaitu https://superpixel.co.id/ atau https://www.superpixel.sg/. Semoga bermanfaat. Terima kasih.        

Baca juga: Jenis-Jenis Video Content dan Manfaatnya Untuk Marketing