Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini masyarakat lebih tertarik dengan suatu hal yang bersifat visual. Begitu juga dalam kegiatan beriklan atau membuat profile sebuah company. Akan menjadi lebih menarik jika ditampilkan dalam bentuk interactive media.
Salah satu produk dari media interactive adalah pembuatan video dengan menggunakan berbagai macam komposisi, sehingga bisa menghasilkan video terbaik. Bagi anda yang berencana membuat video profile company anda bisa membuat videonya seperti di bawah ini.
Jika anda tertarik untuk membuatnya, berikut beberapa manfaat yang akan anda dapatkan jika memanfaatkan interactive media.
Manfaat Menggunakan Interactive Media
Sebagaimana anda tahu bahwa, masyarakat memiliki ketertarikan yang lebih saat melihat video. Sehingga Anda bisa memanfaatkan data fakta ini dalam melakukan promosi, pengenalan perusahaan, ataupun kegiatan pemasaran lainnya dengan menggunakan video.
Selain lebih banyak menarik penonton, Anda juga semakin mudah dalam menyampaikan maksud dan tujuan anda jika dibandingkan dengan media lainnya. Namun, perlu anda perhatikan juga saat bahwa, tingkat ketertarikan seseorang dalam melihat objek hanya 8 detik.
Sehingga, anda harus mencari cara agar orang semakin tertarik dengan video yang telah anda buat. Namun jika anda tidak memiliki waktu untuk membuatnya, anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan interactive media yang ditawarkan oleh superpixel.id.
Pekerjaan anda akan semakin mudah dan hasil yang akan anda dapatkan juga maksimal. Karena superpixel.id merupakan penyedia jasa bidang media yang sudah cukup berpengalaman. Salah satu hasil karyanya yang bisa anda lihat adalah sebagai berikut.
Kembali lagi pada pembahasan manfaat interactive media. Berikut ini beberapa manfaat yang akan anda dapatkan saat menggunakan media interaktif.
1. Dapat menarik lebih banyak audiens dengan beragam range audiens.
2. Maksud dan tujuan anda bisa tersampaikan dengan baik, jika bisa menghadirkan informasi dalam bentuk video.
3. Dapat digunakan secara berulang karena anda memiliki soft filenya.
4. Memungkinkan untuk menampilkan profile atau keunggulan produk secara nyata. Sehingga orang yang melihat akan semakin percaya dengan apa yang dilihatnya secara nyata.
5. Menahan sementara waktu perhatian audiens untuk tetap fokus pada media interaktif anda.
Baca juga: Ini Dia Kelebihan Motion Graphic untuk Video Marketing!
Pentingnya Interactive Media untuk Company
Saat ini, keperluan perusahaan besar, instansi pendidikan ataupun lembaga lainnya semakin meningkat. Hal ini erat kaitannya dengan ketertarikan masyarakat terhadap sesuatu yang divisualkan. Selain itu dengan adanya media interaktif juga akan menguntungkan anda sebagai pemilik video.
Berikut ini beberapa poin penting yang menjadikan anda harus segera memanfaatkan interactive media.
1. Meningkatnya Digitalisasi
Mau tidak mau, saat ini proses digitalisasi sudah semakin cepat. Sehingga akan menjadi ketinggalan jika anda tidak segera beralih dalam produk digital. Upaya peningkatan audiens anda akan terbuang sia-sia, jika anda tidak segera beralih ke interactive media.
2. Perubahan Zaman yang Semakin Canggih
Adanya perubahan zaman yang semakin canggih, membuat masyarakat juga semakin melek akan informasi. Sehingga wawasan mereka juga semakin luas. Maka, akan menjadi sesuatu yang basi jika anda tidak bisa memperbarui metode anda dalam menarik audiens.
Anda harus membuatnya menjadi sesuatu yang berbeda dengan menggunakan animasi atau video semacamnya. Saat ini sudah banyak yang memberikan jasa pembuatan interactive media dengan menggunakan animasi seperti superpixel.id. Bahkan perusahaan besar juga sudah pernah menggunakan jasa mereka untuk meningkatkan audiens mereka.
Berikut ini salah satu contoh hasil karya superpixel.id
3. Tingkat Fleksibilitas Media Interaktif
Menggunakan media interaktif akan mempermudah anda dalam bekerja. Dimana pekerjaan anda menjadi lebih fleksibel dan promosi yang anda lakukan juga semakin interaktif. Semua itu akan anda dapatkan jika anda segera beralih ke media interaktif. Namun sebaliknya, jika anda enggan untuk beralih, maka yang akan direpotkan juga anda sendiri.
Selain itu, dengan adanya media interaktif juga akan membuat anda semakin percaya diri dalam menggunakan media promosi anda tersebut. Anda tetap bisa memberikan pokok-pokok bahasan dalam media interaktif dengan tampilan yang lebih fleksibel.
4. Meningkatkan Kualitas Pokok Bahasan
Saat anda memutuskan untuk menggunakan media interaktif, maka akan lebih memungkinkan anda untuk meningkatkan kualitas pokok bahasan yang ingin anda sampaikan. Dimana jika biasanya anda hanya dapat menampilkan penjelasan dengan banyaknya tulisan. Kini, anda bisa memasukkan tools lain dalam media interaktif tersebut.
Sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas pokok bahasan yang akan anda sampaikan yang membuat audiens menjadi nyaman. Keadaan nyaman inilah yang nantinya akan membuat betah audiens dalam menerima informasi.
5. Menghilangkan Kesan Monoton
Saat menjadi presenter atau orang yang mempromosikan sebuah brand atau produk, posisikanlah diri anda sebagai audiens. Sehingga jika anda bisa memposisikan diri, maka anda tidak akan membuat bahan presentasi secara monoton.
Salah satu cara yang bisa anda gunakan adalah dengan memanfaatkan media interaktif. Dimana dengan adanya tampilan materi dan tambahan musik pada media interaktif yang anda miliki, akan menghilangkan kesan monoton. Sehingga fokus audiens tetap bisa anda miliki untuk melihat apa yang anda tampilkan.
Cara Memanfaatkan Media Interaktif dalam Digital Marketing
Setelah anda mendapatkan ulasan terkait beberapa manfaat dan poin penting dari membuat interactive media. Kini saatnya anda mengetahui cara memanfaatkan media interaktif dalam kegiatan digital marketing.
Dimana saat ini sudah banyak sekali masyarakat yang menggunakan berbagai macam media untuk melakukan digital marketing. Sehingga tidak ada salahnya jika anda segera beralih untuk memanfaatkan digital marketing dalam meningkatkan audiensi perusahaan ataupun produk milik anda.
Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan digital marketing.
1. Merencanakan Cerita
Interactive video akan menjadi suatu karya yang menarik jika memiliki alur cerita yang menarik dan terkonsep dengan baik. Pastikan anda telah memikirkan konsepnya sebelum membuat video. Jangan lupa untuk menyinkronkan isi dalam video dengan maksud dan tujuan anda.
Akan menjadi rancu jika isi dari video anda tidak sesuai dengan maksud dan tujuan anda. Maka dari itu, persiapkan alur ceritanya dengan baik dan buatlah konsep sebaik mungkin.
2. Buat Bahan Materi Secara Lengkap
Setelah anda membuat rencana cerita yang akan anda tampilkan, maka anda bisa segera membuat materi secara lengkap. Pastikan bagian-bagian inti yang ingin anda sampaikan sudah anda masukkan ke dalam materi yang akan anda tampilkan. Gunakan bahasa yang sesuai dengan audiens yang akan menjadi objek anda.
3. Menemukan Creative Digital Agency yang Tepat
Jika anda memiliki keahlian dalam membuat video, tidak ada salahnya jika anda membuatnya sendiri. Namun, jika anda merasa tidak memiliki kemampuan tersebut, anda bisa menggunakan creative digital agency salah satunya superpixel.id. Sudah banyak perusahaan besar yang bekerjasama dengan creative digital agency ini. Jika anda tertarik, anda juga bisa membuatnya dengan bekerja sama dengan superpixel.id.
4. Tes Produk
Setelah anda melakukan beberapa tahapan di atas, dan telah membuat konsep. Maka, anda bisa membuat uji coba kepada audiens anda dengan menyediakan ruang feedback. Adanya feedback akan memudahkan anda dalam melakukan koreksi dan memperbaiki video milik anda.
Jangan lupa untuk segera melakukan perbaikan, agar video anda bisa segera dilihat oleh audiens yang menjadi sasaran anda. Lakukanlah proses perbaikan dengan sebaik mungkin agar hasil video interaktif anda bisa maksimal.
5. Tahap Finishing
Apabila anda telah melakukan revisi pada tahapan sebelumnya, maka anda juga harus memastikan bagian-bagian yang telah direvisi sudah menjadi lebih baik. Anda perlu memastikan kembali dengan melakukan cek ulang. Mintalah bantuan kepada teman anda, jika memang diperlukan. Jangan sampai anda merasa menyesal saat menampilkan media interaktif tersebut kepada audiens.
Jika perlu, anda juga bisa melihat kembali pada setiap bagian-bagiannya secara rinci. Hal ini untuk memastikan kembali bahwa perbaikan sudah dilakukan secara detail. Tidak hanya desainnya saja, anda juga bisa memastikan materi anda kembali untuk memastikan semuanya telah dibuat dengan maksimal dan terbaik.
Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam membuat interactive media. Jika anda tidak mau berlarut-larut memikirkan konsep terbaik dalam membuat media interaktif. Anda bisa menyerahkan kepada ahlinya yaitu superpixel.id.
Baca juga: Video Teaser Bisa Ubah Peluang Jadi Pendapatan dalam Waktu Singkat!