Animasi merupakan salah satu metode paling ampuh untuk mengenalkan suatu hal kepada khalayak ramai, baik itu berupa produk, layanan, maupun pesan-pesan tertentu. Lewat kombinasi gambar bergerak, suara, serta tulisan yang dimilikinya, sebuah video animasi dapat lebih dipahami orang banyak ketimbang dengan hanya menggunakan pesan statik berupa poster atau pamflet. 

Salah satu hal yang diuntungkan dengan adanya video animasi adalah iklan layanan masyarakat. Beberapa tahun belakangan, kemunculan video iklan layanan masyarakat yang berbasis animasi tumbuh kian subur, baik itu melalui media televisi maupun internet. Animasi menjadi pilihan karena dapat memberi imajinasi tanpa batas dengan biaya yang relatif murah.

Mengenal Iklan Layanan Masyarakat dan Tips Membuat Video Animasinya

Lantas, bagaimana cara membuat animasi yang baik untuk jenis iklan tersebut? Dalam artikel kali ini, kami akan mengupas tuntas tentangnya. 

Mengenal Iklan Layanan Masyarakat

Sebelum masuk ke inti pembahasan, ada baiknya kita mengetahui tentang jenis iklan ini terlebih dahulu.

Dikenal sebagai Public Service Announcement dalam Bahasa Inggris, iklan layanan masyarakat adalah sebuah iklan yang berisi pesan-pesan sosial dengan tujuan untuk membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap berbagai masalah yang harus mereka hadapi. 

Tidak sembarang iklan dapat disebut sebagai iklan layanan masyarakat. Menurut Dewan Periklanan Amerika Serikat, ciri-ciri iklan layanan masyarakat adalah :

  • Bersifat tidak komersial 

  • Tidak bersifat keagamaan

  • Tidak mengandung unsur politis

  • Diperuntukkan kepada seluruh lapisan masyarakat

  • Berwawasan nasional

  • Diajukan oleh organisasi yang telah diakui dan diterima

  • Layak untuk diiklankan

  • Memiliki dampak dan kepentingan tinggi, sehingga layak didukung media massa lokal maupun nasional

Adapun tujuan iklan layanan masyarakat, baik bagi pemerintah maupun bagi masyarakat, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sebagai media untuk menginformasikan program sosial yang sedang berjalan. Contohnya iklan program BPJS, Iklan Kartu Indonesia Sehat, dan lain sebagainya.

  • Mengajak masyarakat untuk mengikuti program kerja pemerintah. Contohnya iklan untuk mengikuti vaksinasi 

  • Menghimbau masyarakat agar tunduk pada suatu aturan dan hukum tertentu. Contohnya seperti iklan untuk memakai helm saat berkendara, serta

  • Memberi instruksi bagi masyarakat dalam menikmati fasilitas sosial. Contohnya seperti iklan untuk menghubungi polisi atau pemadam kebakaran, serta

  • Bentuk propaganda dalam menjaga keamanan dan stabilitas nasional. Contohnya adalah iklan ajakan bela negara dalam situasi darurat perang

Beberapa hal penting dalam memproduksi suatu iklan layanan masyarakat

Iklan merupakan perwujudan suatu informasi yang disampaikan kepada khalayak luas. Oleh karenanya, berbagai jenis iklan layanan masyarakat juga harus bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat salah satunya, yang mencakup :

1. Berisi pesan yang mudah dipahami

Tak ada yang mau melihat iklan yang rumit. Karenanya, pesan yang disampaikan dalam sebuah iklan layanan masyarakat harus jelas dan mudah dicerna. 

Pengiklan bisa menggunakan berbagai teknik agar iklan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat luas, baik itu melalui poster menarik, banner, maupun lewat tulisan-tulisan persuasif. 

2. Menjangkau seluruh lapisan masyarakat

Menjangkau disini berarti dapat dicerna oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa pandang bulu. Sebagai sebuah iklan non-komersial, sebuah iklan layanan masyarakat tidak boleh mengunggulkan maupun menyinggung suatu pihak-pihak tertentu. 

Sebagai contoh, saat mengkampanyekan bahaya merokok, maka iklan layanan masyarakat akan dibuat sedemikian rupa sehingga seluruh masyarakat, baik masyarakat pada lapisan ekonomi keatas dan kebawah, dapat menerima iklan tersebut dengan baik. 

Selain itu, iklan dibuat agar tidak menyudutkan produsen rokok itu maupun konsumen rokok itu sendiri. Isinya jelas merupakan ajakan untuk tidak merokok semata dengan menyampaikan bahaya rokok. 

3. Memiliki dampak dan kepentingan tinggi bagi masyarakat

Ketika kepentingan segolongan orang sudah ada di dalam tujuan sebuah iklan, maka iklan tersebut tak lagi layak untuk dijadikan iklan layanan masyarakat. Sebab, sebuah iklan layanan masyarakat haruslah bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum.

Sebagai contoh, iklan larangan minum alkohol tidaklah dibuat dengan tujuan untuk membunuh bisnis alkohol, melainkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum.

Membuat video iklan layanan masyarakat

Setelah mengetahui berbagai kriteria iklan layanan masyarakat diatas, maka muncul pertanyaan tentang bagaimana caranya membuat suatu iklan layanan masyarakat yang dapat dengan mudah dipahami orang banyak.

Apabila dihubungkan dengan konteks kehidupan saat ini, dimana keberadaan smartphone tengah merajalela di masyarakat, maka sudah jelas bahwa iklan berbentuk grafis dan video adalah jenis iklan yang akan sangat mudah diterima masyarakat. 

Adapun menurut sebuah sumber, 95% lebih informasi akan diterima dengan lebih baik saat seseorang menonton video ketimbang harus membaca teks yang panjang. Suatu hal yang seolah menegaskan pentingnya peran video dalam menyampaikan informasi.

Animasi menjadi pilihan yang baik dalam pembuatan sebuah video. Dengannya, pengiklan bisa bebas mengkreasikan imajinasi akan iklan buatannya, yang terkadang tidak bisa dilakukan hanya dengan sebuah video biasa. 

Peranan animasi dalam sebuah video menjadi lebih penting lagi apabila mengingat dua kelebihan utama yang dimilikinya, antara lain :

Peranan animasi dalam sebuah video menjadi lebih penting lagi apabila mengingat dua kelebihan utama yang dimilikinya, antara lain :

1. Memberi imajinasi tanpa batas

Bayangkan sebuah video iklan yang menayangkan fungsi vaksinasi dalam menangkal serangan virus. Tanpa animasi, mungkin iklan yang ada hanyalah sekedar menampilkan beberapa orang yang disuntik semata, serta wawancara dengan orang terkait. Agar terasa lebih ilmiah, mungkin iklan juga akan menampilkan bentukan virus hasil tangkapan mikroskop.

Sekarang cobalah bayangkan sebuah video iklan yang menampilkan jelmaan vaksin berupa superhero, yang mampu melawan penjahat dan perusuh dalam tubuh berupa virus. Sebagai penonton, anda bisa menilai sendiri mana iklan yang lebih menarik untuk dilihat. 

Itulah animasi. Dengannya, pengiklan bisa mengilustrasikan berbagai imajinasi menjadi tampilan visual yang menyenangkan untuk dilihat.

2. Hemat waktu dan biaya

Dengan membuat video iklan animasi, pengiklan tidak perlu repot memikirkan setting untuk membuat iklan, pergi ke lokasi yang sesuai, ataupun mencari pemain berbakat sebagai bintang iklan. Semua hal itu tentu saja akan memakan banyak sekali waktu dan biaya bagi produser.

Lewat animasi, pengiklan cukup duduk di hadapan komputer sambil mengilustrasikan segala macam hal yang ada di kepalanya tentang iklan tersebut. Apabila kesulitan melakukannya, mereka pun dapat meminta bantuan pada berbagai jasa video iklan animasi profesional, seperti Superpixel. 

Tidak ada rumusan baku tentang bagaimana cara membuat video animasi yang baik untuk sebuah iklan layanan masyarakat. Selama isinya sesuai dan mampu menarik minat banyak orang untuk menontonnya, anda bebas mengkreasikan video animasi anda.

Beberapa tips berikut mungkin akan membantu anda dalam membuat video animasi, diantaranya :

1. Pastikan komposisi gambar lebih banyak ketimbang tulisan

Jelas, sebab anda membuat video animasi, bukan koran. Inti dari animasi sendiri adalah sekumpulan grafis yang dibuat bergerak, bukan tulisan persuasif. 

Karenanya, pastikan untuk memberi proporsi gambar yang lebih banyak. Sebab nantinya, animasi inilah yang akan bercerita tanpa perlu banyak tulisan.

2. Percantik dengan kombinasi berbagai efek

Salah satu keunggulan video adalah mampu memberikan nuansa yang sesuai dengan isinya lewat berbagai efek di dalamnya, baik itu berupa efek suara, gambar, maupun tulisan. 

Sebagai contoh, sebuah video iklan tentang ajakan bersedekah dapat dipadukan dengan suara latar bernada sedih serta gambar anak-anak yang membutuhkan. Selain itu, dapat pula dipadukan dengan tulisan-tulisan bernada persuasif atau ajakan. 

Namun yang jelas, pastikan untuk tetap memberi proporsi lebih kepada gambar ketimbang pada tulisan.

3. Buat secara singkat, padat, dan jelas

Video berdurasi lama dengan jalinan cerita berbelit-belit hanya akan membuat penonton lelah dan bosan, sehingga meninggalkan video tersebut. Oleh karena itu, buatlah sebuah video iklan yang langsung masuk pada inti cerita tanpa banyak basa-basi.

Dalam sebuah video iklan, terdapat istilah hukum 10 detik, yang berarti bahwa 10 detik pertama sebuah video merupakan kunci dalam meraih perhatian penonton. Jika penonton tertarik dengan 10 detik pertama sebuah iklan, mereka akan terus tertarik untuk menonton seluruh isi iklan.

Dengan semua informasi diatas, sebuah video iklan layanan masyarakat dapat diproduksi dengan baik. Superpixel juga dapat membantu anda dalam membuat animasi iklan layanan masyarakat yang menarik dan mampu menggaet penonton.