Infografis sudah dikenal dapat membantu membangun brand awareness, melibatkan audiens, dan mempermudah Anda menjelaskan konsep yang kompleks. Namun, kebanyakan infografis masih berupa kata-kata dan gambar saja.
Itulah mengapa infografis interaktif dan animasi menjadi sangat menarik di mata pelanggan.
Dengan beralih ke mode animasi, Anda dapat membuat konten lebih menonjol. Selain itu, 75% pemasar mengakui bahwa memasukkan aset visual dalam upaya pemasaran digital mereka dapat mendorong ROI (Return on investment).
Aturan Sederhana dalam Membuat Infografis Animasi
Ketika ingin membuat infografis animasi, Anda harus mengikuti beberapa aturan sederhana.
Berikut beberapa langkah yang harus diikuti agar infografis animasi Anda menarik.
1. Mulailah dengan Story Board
Anda mungkin ingin menulis cerita dan bertukar pikiran tentang ide-ide sebelum memulai. Story board akan membantu Anda menangkap substansi konten dan membuat ide yang dapat diwakili menggunakan gambar, grafik, dan animasi yang dipilih.
2. Fokus Pada Satu Cerita Tunggal
Mungkin Anda memiliki banyak informasi untuk dibagikan tentang brand, tetapi Anda tidak ingin membingungkan audiens. Ceritakan satu cerita, dan ceritakan dengan cara yang bisa memperkuat brand Anda dan memberikan citra yang positif.
3. Baca Informasi Sebelum Memilih Desain
Beberapa orang membuat kesalahan dengan memilih desain dulu, baru mengisi informasi ke dalam animasi.
Nah, Anda perlu membalikkan proses ini. Baca data, analisis, atau laporan terlebih dahulu, baru pilih desain yang paling tepat untuk menyampaikan pesannya.
4. Batasi Data Anda
Anda mungkin ingin memasukkan semua data dari penelitian terbaru, tetapi tanyakan pada diri Anda apa yang benar-benar diminati audiens. Hilangkan poin data yang tidak penting dan tidak memiliki pengaruh kepada audiens.
Potong konten Anda sampai tidak ada redudansi dengan tetap mempertahankan pendekatan logis.
5. Pertahankan Elemen Visual yang Konsisten
Dalam hal visualisasi, Anda perlu menggunakan warna, corak, dan desain grafik yang sama sehingga konten Anda terlihat teratur dan dirancang dengan baik.
Gunakan animasi untuk menarik perhatian ke bagian terpenting dari visualisasi data Anda.
Contoh Infografis Animasi Terbaik yang Bisa Anda Ikuti
Berikut adalah beberapa contoh dari infografis animasi yang bisa Anda ikuti. Lihat sendiri bagaimana infografis animasi ini bisa menjadi inspirasi.
1. National Healthcare Group | Hypertension
Infografis animasi untuk National Healthcare Group adalah salah satu contoh kesederhanaan yang sempurna. Infografis ini merupakan kombinasi dari animasi karakter yang sangat imut yang dipadukan dengan voice over yang jelas. Ilustrasi sederhana dan kekanak-kanakan membuat video ini cukup disukai.
Video animasi ini memberikan penjelasan tentang hipertensi dengan membuat perumpamaan yang mudah dipahami orang awam.
Tidak hanya itu, mereka juga tidak lupa untuk memberi tahu berapa batas tekanan darah yang menunjukkan Anda memiliki hipertensi, serta apa saja dampak yang terjadi pada tubuh jika seseorang memiliki tensi yang tinggi.
Di bagian akhir infografis, National Healthcare Group memberikan penekanan apa saja yang harus dilakukan masyarakat untuk mencegah hipertensi.
2. AIA | Guaranteed Protect Plus (III)
AIA adalah perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan terhadap 150 penyakit kritis dan 15 kondisi khusus dengan paket Guaranteed Protect Plus. Selain itu, mereka juga memberikan keuntungan-keuntungan menarik dari produknya tersebut.
Video infografis animasi untuk AIA memiliki palet warna yang bersih, cerah, dan sesuai dengan tema brandnya. Dengan desain sederhana dan animasi yang hidup, video ini merupakan lambang kepositifan dan semangat.
Konsep bisnis disampaikan dengan cara yang segar dan penuh warna, membuat audiens menyelam ke dalam video dan menonton sampai akhir.
Ini adalah contoh sempurna tentang seberapa positif dampak yang dapat Anda buat dengan video infografis sederhana.
3. National Geographic X Dyson | Clear the Air
Infografis animasi ini menceritakan tentang pentingnya udara yang bersih. Ia memberikan penjelasan bahwa bayi lebih rentan terhadap udara yang kotor dan berdebu. Tidak hanya itu, infografis ini menekankan adanya beberapa potensi penyakit yang dapat muncul karena udara kotor.
Infografis animasi untuk National Geographic x Dyson adalah contoh kesederhanaan yang sempurna. Video ini menggunakan animasinya sangat sederhana. Selain itu, script dan storyboard cukup mudah dipahami.
Desainnya yang minimalis dan menarik menjadikannya salah infografis animasi terbaik.
Baca juga: Memilih Jasa Video Animasi Terbaik untuk Anda
Buat Infografis Animasi dengan Superpixel
Memilih studio animasi yang menawarkan jasa pembuatan infografis memiliki peran besar dalam kualitas konten Anda.
Superpixel Indonesia adalah studio animasi yang menyediakan jasa pembuatan infografis yang berfokus pada tujuan bisnis Anda.
Superpixel memiliki tim animator ahli yang selalu siap untuk menghasilkan infografis animasi terbaik. Dengan begitu banyak gaya, warna, dan tema yang berbeda untuk dipilih, Anda pasti akan menemukan satu yang sesuai dengan brand.
Daftar contoh infografis di atas merupakan hasil produksi Superpixel. Ingin membuat infografis animasi yang terlihat profesional seperti di atas? kami dapat membantu membantu Anda.
Apakah Anda siap berkolaborasi dengan Superpixel untuk membuat infografis animasi? Hubungi tim kami sekarang dengan mengklik di sini.