Membangun nama sebuah brand bukan seperti membangun 1000 candi dalam semalam. Dibutuhkan banyak usaha untuk menjalin hubungan yang erat dengan banyak orang, dan sebagian besar usaha tersebut dilakukan dengan pemasaran
Anda pasti membutuhkan dukungan dalam menyusun dan menjalankan strategi pemasaran Anda, kecuali jika Anda memiliki tim internal yang cukup kuat. Mencari partner yang tepat untuk membantu Anda membuat strategi pemasaran mungkin bukan hal yang mudah. Ada berbagai macam agency di luar sana, bagaimana Anda dapat memutuskan agency mana yang paling Anda butuhkan?
Mari kita kulik semua tentang agency di blog ini.
Apa itu Creative Agency?
Creative Agency atau agensi kreatif adalah istilah untuk agensi yang menawarkan berbagai layanan yang berada di bawah payung pemasaran dan periklanan. Pada dasarnya, jika Anda memerlukan segala jenis strategi kreatif, pekerjaan, atau promosi, mereka dapat membantu Anda mencapainya.
Sebuah creative agency memiliki spesialisasi di bidang yang berbeda. Secara umum, mereka biasanya menyediakan:
-
Layanan Strategi (strategi periklanan, strategi branding, strategi konten, strategi pemasaran, strategi media sosial)
-
Pengukuran dan Analisis
-
Content creation atau pembuatan konten (laporan tahunan, studi kasus, blog dan artikel, brand, copywriting, perencanaan dan penerbitan konten, visualisasi data, ebook, video penjelasan, desain grafis, infografis, interaktif, video animasi, grafik gerak, presentasi, buku putih, video, motion graphics, konten mikro, fotografi, desain dan pengembangan web)
-
Layanan Komunikasi (placement ads, konten bersponsor, pemasaran influencer, Public Relation)
Dilihat dari pelayanannya, creative agency dapat dikatakan sebagai tim ahli yang dapat mendukung strategi brand Anda.
Apa Bedanya Creative Agency dengan Agensi Lainnya?
Pertanyaan yang seringkali membuat bingung. Ada beberapa agensi yang menyediakan berbagai layanan dalam satu perusahaan, tetapi seringkali agensi fokus pada satu layanan atau kategori tertentu.
Secara sederhana, layanan yang ditawarkan berbagai agensi dibagi menjadi:
-
Design agency: Menawarkan layanan desain untuk berbagai media visual, termasuk cetak dan digital.
-
Digital agency: Berfokus pada strategi pemasaran digital, khususnya SEO dan perolehan prospek.
-
Advertising agency (periklanan): Berfokus secara khusus pada periklanan (digital, TV, radio, cetak, dll.). Bisa juga menyediakan layanan pemasaran.
-
PR agency: Menawarkan layanan promosi dan distribusi konten untuk memaksimalkan brand awareness.
-
SEO agency : Berfokus pada berbagai strategi dan taktik pemasaran di tempat dan pencarian untuk meningkatkan traffic dan lead.
-
Social media agency: Mengkhususkan diri dalam strategi media sosial dan, seringkali termasuk pengelolaan akun media sosial.
Kenapa Menggunakan Creative Agency Untuk Brand Anda?
Ada banyak layanan yang disediakan oleh creative agency. Baik untuk membantu peran tim marketing internal Anda atau menjalankan peran marketing secara menyeluruh, brand Anda dapat memperoleh manfaat dari bantuan creative agency dalam banyak hal.
Baca juga: Jenis-Jenis Video Marketing dan Pentingnya untuk Bisnis
Berikut adalah berbagai manfaat dari menggunakan creative agency untuk brand Anda:
1. Perspektif baru
Sangat mudah untuk melupakan gambaran yang lebih besar ketika Anda tenggelam dalam brand Anda sendiri setiap hari, sepanjang hari. Creative agency dapat memberikan perspektif yang sangat dibutuhkan untuk memandu atau meningkatkan strategi Anda, serta ide-ide baru untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda.
2. Mengeksekusi dengan ahli
Creative agency adalah tim spesialis berbakat yang dapat menyusun dan menjalankan strategi pemasaran Anda. Dari developer hingga desainer, copywriter hingga pakar visualisasi data, mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menghasilkan konten. Mereka juga tenggelam dalam hal ini hari demi hari, sehingga mereka tahu praktik terbaik, cara meningkatkan pengalaman pengguna, konten apa yang paling cocok untuk setiap platform, dan cara mendapatkan hasil maksimal dari konten yang Anda buat . Kiat jitu: pastikan Anda bekerja dengan creative agency dengan rekam jejak yang terbukti. Jika Anda sedang mencari creative agency yang tepat, lihat portofolio mereka.
3. Pengetahuan yang mendalam
Tentu saja Anda mengenal brand Anda luar dalam. Anda bekerja di dalamnya setiap hari. Tetapi, seberapa baik Anda mengenal industri brand Anda? Kompetitor? Tren pasar?
Creative agency bekerja dengan berbagai klien di berbagai industri. Dengan demikian, mereka sudah memiliki wawasan mengenai hal mana yang berhasil, mana yang mungkin tidak berhasil, dan hal-hal mengejutkan apa yang dapat meningkatkan hasil pemasaran Anda secara drastis.
Hal ini berarti brand Anda dapat belajar dari kegagalan brand lain tanpa menggunakan brand Anda sendiri sebagai kelinci percobaan.
4. Koneksi dan network yang luas
Alasan paling umum yang membuat orang mencari bantuan dari pihak luar adalah karena brand Anda tidak memiliki pengetahuan atau sumber daya untuk melakukan pekerjaan yang perlu dilakukan. Selain tim yang lengkap, agensi juga memiliki jaringan pembuat konten yang ahli dan profesional di bidangnya. Baik Anda mencari rumah produksi untuk merekam video terbaru Anda atau developer untuk membuat situs web interaktif, creative agency memiliki keterampilan dan koneksi untuk menyelesaikannya.
5. Produksi dalam waktu cepat
Banyak brand yang kesulitan menjalankan strategi pemasaran mereka karena mereka tidak memiliki infrastruktur yang tepat untuk menangani produksi. Hal ini dapat dimengerti, karena jenis konten yang berbeda memerlukan pengetahuan dan sumber daya yang berbeda.
Sungguh sulit meluncurkan konten jika Anda benar-benar baru dalam pemasaran konten. Namun creative agency adalah mesin canggih yang terbiasa memproduksi berbagai konten, dengan cepat dan efisien. Mereka juga menyadari hambatan, kesalahan, atau jebakan yang dapat menghambat produksi, sehingga mereka dapat mengatasinya dengan lebih baik.
6. Konten berkualitas
Kualitas, konsistensi, dan irama sangat penting untuk operasi pemasaran konten yang sukses. Brand harus bisa memenuhi setidaknya salah satu dari hal tersebut. Dengan keahlian dan infrastruktur yang solid, creative agency dapat menghasilkan konten berkualitas dengan volume tinggi. Mereka juga berinvestasi dalam melakukan pekerjaan sebaik mungkin karena ketika Anda berhasil, mereka pun berhasil.
Oleh karena itu, mereka akan bekerja keras untuk menemukan materi iklan terbaik untuk brand Anda, bahkan jika itu berarti tidak setuju dengan ide Anda atau memperjuangkan ide yang benar-benar mereka yakini.
Anda juga dapat menemukan agensi yang memiliki materi iklan dengan layanan lengkap yang mengkhususkan diri dalam industri khusus (misalnya, teknologi atau hiburan B2B). Hal ini tentu dapat menguntungkan brand Anda karena mereka memiliki wawasan ahli dan dapat memberikan rekomendasi yang tepat untuk kebutuhan Anda.
Tips Menemukan Creative Agency Untuk Brand Anda
1. Ketahui tujuan dan apa yang ingin Anda capai.
Tidak perlu tahu persis rencana ide kreatif apa yang Anda inginkan, tetapi Anda perlu mengetahui tujuan Anda sebelum menggunakan jasa creative agency. Semakin jelas tujuan Anda, semakin mudah bagi creative agency Anda untuk menemukan solusi kreatif.
Tentu saja, jika Anda meminta agensi untuk memandu strategi Anda karena Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan, tidak apa-apa. Anda tidak mau untuk mendekati agensi yang sama sekali tidak tahu apa yang Anda butuhkan.
2. Cari seseorang di industri Anda
Banyaknya creative agency di luar sana membuat Anda perlu menemukan seseorang yang memiliki spesialisasi di industri tertentu. Dengan pengetahuan mendalam mereka tentang industri dan lanskap, mereka dilengkapi dengan baik untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda.
Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, mintalah rekomendasi dari kolega dan teman Anda. Masih belum yakin? Coba Googling lebih dalam. Berkat kecanggihan teknologi, kolaborasi tidak lagi sesulit dulu, jadi jangan biarkan hal itu menghalangi Anda mendapatkan agensi yang tepat.
3. Lihat hasil yang sudah mereka capai
Agensi yang baik tentu memiliki portofolio yang sehat, alias memiliki banyak pengalaman. Saat Anda meninjau hasil pekerjaan dan daftar klien mereka, Anda dapat menganalisis gaya, keterampilan, dan pendekatan kreatif mereka.
Idealnya, mereka telah bekerja dengan orang-orang di industri Anda atau menjalankan jenis kampanye yang Anda cari. Namun, jika Anda tidak melihat apa yang Anda cari tetapi cocok dengan nada dan gaya mereka, menghubungi mereka untuk diskusi lebih lanjut bisa jadi jawabannya.
4. Cari tahu apakah mereka tidak sungkan berbagi keahlian mereka.
Sebuah organisasi yang baik semestinya tidak sungkan untuk berkontribusi dalam meningkatkan industri mereka. Dengan demikian, mereka harus menunjukkan keahlian mereka dengan cara lain, seperti blog, artikel, buku, kontribusi, atau fitur dalam publikasi industri. Kesediaan untuk berbagi keahlian dan ilmu mereka—dan menjadi peserta aktif di bidangnya—selalu merupakan indikator yang baik bahwa mereka berpengetahuan luas dan percaya diri dalam pekerjaan mereka.
5. Lihat konten yang sudah mereka produksi
Pertimbangkan bagaimana mereka menampilkan diri melalui konten mereka sendiri. Tinjau situs dan kehadiran sosial mereka untuk mengetahui kepribadian mereka, siapa tim mereka, apa nilai-nilai mereka. Anda ingin bekerja dengan orang yang Anda klik, tentu saja, tetapi Anda juga ingin memastikan bahwa Anda bekerja dengan orang-orang yang mempraktikkan apa yang mereka klaim.
Apa yang kemudian dilakukan ketika menemukan agensi yang tepat?
Jika Anda telah menemukan agensi yang tepat, putuskan bagaimana Anda akan membagi beban kerja di awal. Rencanakan strategi dan ikuti tips di atas untuk mendiskusikan apa yang ingin Anda capai.
Masih penasaran dengan creative agency? Hubungi kami di Superpixel, creative agency produksi animasi dan diskusi lebih dalam. Kami akan selalu senang menjawab pertanyaan dari Anda.
Baca juga: Mengenal Production House dan Fungsinya dalam Ekosistem Kreatif