Media sosial merupakan media untuk bersosialisasi secara online dan memungkinkan interaksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Tak hanya untuk berjejaring sosial saja, media sosial kini dimanfaatkan oleh bisnis. Berbagai macam media sosial digunakan untuk kegiatan pemasaran. Fitur-fitur khusus juga disediakan oleh beberapa platform, seperti Instagram, WhatsApp, Facebook dan lain-lain.
Dengan kekuatan media sosial, bisnis kecil bisa berpeluang untuk sukses besar. Media sosial menjadi semakin penting dalam dunia bisnis. Jarang sekali ada perusahaan yang tidak menggunakan media sosial dalam menjalankan bisnisnya. Banyaknya orang yang menggunakan media sosial secara aktif dapat menjadi peluang dan potensi untuk memasarkan berbagai produk secara gratis.
Manfaat Media Sosial
Secara umum, media sosial bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat tersebut mencakup :
1. Sebagai media berkomunikasi
Media sosial berperan dalam proses sosial manusia. Kita dapat berkomunikasi dengan siapapun dan kapanpun walaupun terpisah oleh jarak. Melalui aplikasi WhatsApp, Facebook, Line, dan lain-lain masyarakat dapat berinteraksi dengan mengirim gambar, foto, atau teks dalam hitungan detik.
2. Gudang ilmu
Media sosial tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi, kini media sosial sering digunakan untuk memberi materi-materi edukatif. Platform seperti Youtube, Google, bahkan Instagram menyediakan materi, data atau bahkan video tutorial berupa ilmu pelajaran atau ilmu keterampilan.
3. Media dokumentasi
Dengan mengunggah konten di media sosial, maka foto atau video Anda dapat tersimpan di aplikasi tersebut. Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan memori atau bahkan portofolio brand Anda.
Selain manfaat umum diatas, media sosial juga memiliki segudang manfaat dalam dunia bisnis.
Keuntungan Menggunakan Media Sosial dalam Bisnis
Seperti yang telah disebutkan di atas, media sosial adalah salah satu saluran pemasaran bisnis yang paling efektif. Banyak keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan media sosial dalam kegiatan bisnis Anda, diantaranya:
Meningkatkan Brand Awareness
Sifat visual dari platform media sosial memungkinkan Anda untuk dapat membangun identitas visual brand bagi khalayak umum dan meningkatkan kesadaran mereka akan brand. Brand awareness yang lebih baik akan menghasilkan hasil yang lebih baik bagi kampanye-kampanye lain yang akan Anda lakukan.
Memanusiakan bisnis Anda
Media sosial memungkinkan bisnis Anda untuk menjadi peserta aktif dalam pasar bisnis Anda. Profil, unggahan, dan interaksi Anda dengan pengguna akan membentuk persona yang mudah didekati, sehingga audiens dapat mengenal dan terhubung dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap Anda.
Membangun Hubungan
Platform media sosial membuka jalur komunikasi baik secara langsung ataupun tidak langsung dengan followers Anda. Media sosial memungkinkan Anda untuk dapat berinteraksi, mengumpulkan feedback, mengadakan diskusi, dan terhubung langsung dengan orang lain.
Mendorong Traffic bagi Situs Anda
Media sosial adalah salah satu saluran terbaik untuk meningkatkan traffic ke situs web Anda, misalnya melalui tautan di profil, tautan posting blog di unggahan, dan iklan Anda. Dengan meningkatnya lalu lintas ke situs web Anda, akan semakin banyak peluang berubahnya pengunjung web menjadi pelanggan Anda.
Menghasilkan Prospek dan Pelanggan
Melalui platform media sosial, Anda juga dapat menghasilkan prospek dan konversi secara langsung. Misalnya, melalui toko di Instagram atau Facebook, pesan langsung, dan lain-lain.
Promosi melalui video
Akhir-akhir ini, promosi melalui video menjadi tren utama dalam dunia bisnis. Video promosi sudah banyak digunakan untuk mempromosikan produk, jasa, menjangkau calon pelanggan yang baru. Video promosi sendiri merupakan video pendek yang berisi komponen proporsional mengenai produk suatu perusahaan.
Video tersebut harus dibuat semenarik mungkin dan berkualitas karena mencerminkan kriteria dan profil suatu perusahaan secara tidak langsung. Berbagai strategi dan teknik diperlukan dalam membuat video promosi agar tujuan tersebut tercapai.
Akhir-akhir ini video promosi berbentuk animasi marak digunakan oleh startup hingga perusahaan besar. Penggunaan video animasi dapat mempermudah perusahaan dalam menjelaskan proses yang rumit dan penjualan produk agar pesan tersampaikan dengan jelas. Penggunaan karakter animasi melalui berbagai warna, bentuk, dan karakter yang unik dan variatif tentu akan lebih menarik dibandingkan video promosi lainnya. Selain itu, video animasi juga dapat menyampaikan penjualan secara ringkas dan efektif.
Selain melakukan promosi melalui video animasi, perusahaan juga bisa membuat video company profile untuk memperkenalkan brand-nya.
Baca juga: Pentingnya Video Promosi Dalam Berbisnis
Company Profile Video
Company profile adalah sebutan untuk pengantar bisnis yang menjelaskan secara rinci apa yang dijual oleh perusahaan, sejarah, misi, dan aktivitas bisnis, serta produk atau layanan yang disediakan.
Sejak dulu hingga sekarang, video ini menjadi sebuah bagian terpenting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Video company profile ini dapat meningkatkan brand engagement suatu perusahaan kepada masyarakat. dan membuat profil yang dapat diberikan kepada klien atau calon konsumen.
Singkatnya, video company profile merupakan video yang menunjukkan profil perusahaan. Dulu, profil perusahaan dibuat dalam bentuk brosur, buku kecil atau media visual statis lainnya yang mana biasanya tampak membosankan dan mudah dilupakan oleh masyarakat.
Munculnya teknik company profile menjelaskan semua hal tentang perusahaan secara singkat dan jelas. Didalamnya terdapat visi dan misi perusahaan, produk dan jasa perusahaan, keunggulan dibanding perusahaan kompetitor dan sebagainya.
Dengan company profile yang menarik, Anda dapat menarik investor dan memberikan pelanggan alasan tambahan untuk mempercayai bisnis Anda. Fungsi lain dari profil perusahaan adalah membuat perusahaan Anda lebih menonjol dalam persaingan dan menggambarkan keunikan dari perusahaan Anda dibandingkan dengan perusahaan lain.
Video dari ST Engineering ini adalah salah satu contoh dari video profil perusahaan. Profil perusahaan yang didesain oleh Superpixel ini membantu ST Engineering untuk menciptakan kewaspadaan terhadap harmonisasi merek mereka di 4 perusahaan inti mereka, yaitu Aerospace, Land System, Marine, dan Electronics.
Fitur Media Sosial Terpopuler yang Cocok untuk Bisnis
Kenali fitur-fitur dari platform dibawah dan gunakan sesuai dengan target bisnis Anda. Simak pembahasan berikut :
1. YouTube
Berikut keuntungan bagi bisnis Anda jika menggunakan Youtube :
-
Dapat menjangkau target konsumen dengan mudah sesuai dengan konten video Anda
-
Mudah melakukan branding bisnis Anda
-
Menghemat biaya
YouTube juga menyediakan fitur Youtube Analytics untuk memudahkan para pebisnis. Fitur ini berguna untuk melihat apakah performa dan insight video Anda sudah optimal.
2. WhatsApp
Selain digunakan untuk komunikasi oleh masyarakat, Whatsapp juga menyediakan aplikasi khusus bagi para pebisnis yaitu Whatsapp Business. Di dalam Whatsapp Business terdapat beberapa fitur yang dapat memudahkan para pebisnis dalam menjalankan usahanya, seperti :
-
Fitur Whatsapp Auto Reply
Fitur ini sangat memudahkan para pebisnis dalam membalas pesan. Terdapat tiga jenis pesan yang disediakan di Whatsapp Business yaitu Away Message, Greeting Message, dan Quick Replies.
-
Fitur Katalog
Dengan fitur ini, pelanggan dapat langsung melihat produk yang dijual. Penjual tinggal meletakkan informasi dan gambar produk di fitur tersebut.
-
Label Pelanggan
Menggunakan fitur ini, pebisnis dapat melabeli pelanggan sesuai kategori yang diinginkan. Misalnya jika ada pelanggan yang belum bayar maka dilabeli “Unpaid”.
3. Facebook
Facebook menyediakan fitur Facebook Ads untuk mempromosikan produk agar mudah dijangkau oleh khalayak banyak. Uniknya, dalam fitur ini pebisnis dapat menargetkan siapa konsumen yang dapat melihat iklan tersebut. Hal ini efektif agar dapat menjangkau pangsa pasar yang tepat.
4. Instagram
Berbeda dengan yang lain, Instagram menyediakan berbagai fitur yang efektif digunakan dalam bisnis. Fitur itu mencakup Insta Story, Highlights, Live Instagram, Instagram Insights, Hashtag, Instagram Shopping, Auto Reply, dan sebagainya.
Fitur Instagram Shopping ini terdapat pada halaman Explore. Disana para pembeli dapat menemukan berbagai produk dari berbagai macam brand. Selain itu juga terdapat fitur shops directory untuk membantu pengguna menemukan brand-brand berdasarkan search history.
———
Dalam dunia bisnis, Anda sangat memerlukan media sosial. Tidak hanya memudahkan, tapi juga mempersingkat proses-proses yang sulit seperti marketing, promosi, brand awareness dan lain-lain. Bisnis harus dapat menangani media sosial dengan baik agar produknya dikenal banyak orang. Selain itu, media sosial juga dapat meningkatkan peluang sukses bagi bisnis yang Anda miliki.