Pernahkah Anda melihat sebuah animasi di lima detik pertama dan langsung mengenali dari brand mana animasi tersebut dibuat? Contohnya saja pada setiap opening animasi film Disney yang menyuguhkan brand Pixar Animation Studios. Mungkin Anda mengenalinya dari ciri warna, jenis grafis yang digunakan seperti karakter atau gaya ilustrasi, font tulisan yang digunakan, atau brand mascot yang digunakan dalam animasi tersebut. Jika secara tidak sadar Anda langsung mengenali video animasi tersebut, maka video tersebut sukses menjadi top of mind Anda.
Hal ini dikenal dengan Visual Identity (Identitas Visual), dimana Anda dengan mudah mengingat suatu grafis karena visual identitynya yang menonjol. Lantas, apa itu Visual Identity?
Menurut 99designs, visual identity adalah semua citra dan informasi grafis yang dapat menginfokan suatu merek dan membedakannya dari merek lain. Hal ini mencakup segala yang dapat dilihat secara fisik oleh konsumen seperti logo, warna, aset visual, desain interior toko, dan sebagainya. Biasanya identitas visual dikemas dalam panduan berupa Graphic Standard Manual yang di dalamnya berisi aturan bagaimana menggunakan elemen-elemen visual pada produk suatu brand, agar perusahaan konsisten dalam menggunakan berbagai aset visual dan diksi sehingga brand dapat dikenali dalam situasi apapun.
Secara singkat, visual identity adalah segala sesuatu yang dapat dilihat oleh konsumen dalam rupa fisik yang berkaitan dengan brand mulai dari logo hingga packaging. Apa yang dilihat konsumen kemudian membentuk persepsi mereka terhadap suatu brand, maka dari itu menciptakan sebuah logo, menentukan warna, elemen visual, dan aspek lainnya harus direncanakan dengan matang. Hal ini akan membentuk brand identity yang kuat di mata konsumen.
Visual Identity VS Brand Identity
Pada dasarnya ada hal-hal yang membedakan visual identity dengan brand identity, walaupun kedua aspek ini saling terkait dan bahkan mempengaruhi satu sama lain. Jika visual identity berhubungan dengan hal fisik yang dapat dilihat target market, brand identity adalah identitas merek dalam bentuk “ekspresi”. Hal ini mencakup identitas visual bersama dengan elemen-elemen non-visual seperti tagline, panduan copywriting, pernyataan misi-visi, dan sebagainya.
Identitas visual melibatkan berbagai profesi yang spesifik seperti desainer dan direktur kreatif. Jadi identitas visual yang berhubungan dengan tampilan fisik, sedangkan brand identity adalah identitas keseluruhan sebuah merek yang berkaitan dengan merek. Untuk itu, visual identity memiliki beberapa tujuan, yaitu:
-
Menciptakan kesan emosional pada target market
-
Memberi tahu konsumen mengenai visi misi dari produk atau layanan yang ditawarkan
-
Menyatukan berbagai aspek bisnis melalui tampilan visual yang konsisten
Elemen Visual Identity
Seperti disebutkan bahwa visual identity menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan elemen desain, aspek-aspek yang membentuk visual identity adalah sebagai berikut:
1. Logo
Menurut thebrandingjournal logo adalah simbol grafis yang mudah dikenali untuk mengidentifikasi perusahaan, produk komersial, atau entitas publik atau swasta. Ini adalah salah satu cara untuk membedakan merek di dunia yang kompetitif, serta penuh dengan elemen grafis yang mencoba menarik perhatian kita setiap hari. Sebuah logo umumnya merupakan kombinasi dari tipografi, grafik/simbol, dan warna. Ini adalah elemen grafis yang merupakan bagian dari identitas visual sebuah merek.
Tujuan membuat logo adalah agar calon konsumen Anda dapat mengidentifikasi bisnis dengan cara yang dapat dikenali dan diingat di benak penggunanya. Untuk menonjol dari yang lain, penting untuk menginvestasikan waktu dan uang untuk desain Anda.
Contohnya, Logo IKEA yang telah banyak berubah seiring waktu menuju style yang lebih modern, tetapi tetap konstan sejak 1967. Hanya mengubah warna dan mempertahankan bentuk dan font. Kombinasi biru dan kuning yang mereka gunakan saat ini, bukan hanya berarti kepercayaan dan keandalan, tapi juga keramahan dan keterjangkauan. Bersama dengan font bulat dan hitam, dan bingkai oval, memberikan kesan sebagai merek yang kuat, diposisikan dengan baik, dan inklusif.
2. Tipografi
Setelah logo, ada tipografi. Tipografi termasuk dalam elemen pembuatan logo. Tipografi dibagi ke berbagai jenis seperti Serif, Sans Serif, Script, dan Dekoratif. Setiap jenis tipografi memiliki karakternya sendiri sehingga dapat menggambarkan image bisnis Anda. Hal ini dapat membantu membentuk kesan para konsumen terhadap brand. Tipografi ditentukan dari persona, tujuan, hingga industri dari brand.
Tipografi harus konsisten digunakan dalam setiap desain, maka itu bisa ditentukan penggunaannya dalam berbagai platform, mulai dari ukuran, penempatan, tebal-tipis, dan sebagainya.
3. Warna
Warna dapat menimbulkan respon emosional pada masyarakat. Palet warna biasanya digunakan untuk segala jenis kebutuhan promosi, kemudian juga logo. Penggunaan warna yang konsisten akan membuat orang lebih mengingat brand.
Warna dapat menjadi indikator tertentu, misalnya untuk menunjukkan brand yang bersemangat dapat menggunakan warna Oranye, untuk menunjukkan warna yang memberi kepercayaan seperti warna Biru, dan sebagainya. Jika brand baik dari logo, konten, hingga packaging memiliki palet warna yang sama, pastinya hal tersebut akan membuat audiens lebih mudah mengingatnya.
4. Gambar & Video
Ada berbagai tipe gambar yang dapat digunakan, seperti ilustrasi, ilustrasi vector, foto asli, video animasi, dan jenis gambar lainnya. Gambar dan video dapat mencerminkan branding bisnis dengan baik, sehingga menjadi alat termudah untuk mempengaruhi masyarakat secara emosional. Untuk itu perlu dilakukan seleksi mengenai gambar dan video yang akan ditampilkan.
Misalnya, bisnis Anda bergerak di bidang Online Banking dengan target market anak muda, maka Anda dapat membuat video animasi yang menunjukkan kemudahan menggunakan aplikasi Anda. Selain menarik minat dengan ragam visual yang dihadirkan, video animasi dengan narasi menarik akan lebih mudah dan cepat dipahami, elemen video lainnya seperti musik juga dapat memperkuat identity Anda, sehingga secara tidak langsung dapat masuk ke alam bawah sadar penonton.
Mungkin Anda pernah mendengar bahwa pembuatan video animasi akan membutuhkan biaya besar. Namun, Superpixel sebagai studio animasi berbasis di Singapura dan Indonesia menyediakan layanan pembuatan animasi yang produksinya dapat menyesuaikan dengan budget yang Anda punya.
5. Aset fisik dari brand
Aset fisik adalah objek dari suatu brand seperti packaging, alat tulis kantor, seragam, hingga interior toko. Karena visual identity berhubungan dengan tampilan fisik, maka penting menerapkan identitas visual agar terlihat jelas pada aset fisik.
Contohnya, branding pada mobil perusahaan. Anda dapat mengatur bagaimana penempatan logo pada mobil, penggunaan image yang sesuai dengan identitas visual, bahkan meletakkan elemen visual. Kemudian pada souvenir perusahaan, yang bisa Anda bagikan pada konsumen.
Manfaat Visual Identity
Memiliki visual identity memiliki banyak manfaat bagi brand Anda. Setelah mengetahui pengertian dan apa saja elemennya, berikut ini akan dijelaskan manfaat visual identity bagi setiap brand.
1. Meningkatkan brand awareness dan recognition
Di artikel sebelumnya kita sudah membahas apa itu brand awareness dan bagaimana menjadi top of mind konsumen. Dengan memiliki visual identity yang kuat, maka akan berdampak pada meningkatnya brand awareness maupun brand recognition.
Visual Identity yang konsisten sesuai brand identity dan berbicara pada level emosional pada konsumen akan menggaet konsumen baru.
2. Membedakan brand dari kompetitor lainnya
Ada banyak produk dan brand di dunia ini. Setiap bisnis membutuhkan pembeda agar bisa menonjol dari kompetitornya. Dengan memiliki identitas visual yang eye-catching dan menarik, tentu akan memudahkan konsumen untuk membedakan suatu brand. Bahkan dapat menjadi ciri khas sehingga suatu warna atau karakter tertentu akan membuat konsumen memikirkan brand tertentu.
Misalnya, logo sepatu asal Jerman, Puma. Menggunakan karakter hewan singa gunung, logo ini menggambarkan filosofi sepatu Puma sebagai produk yang memiliki kekuatan dan kecepatan. Hal ini diharapkan dapat menggambarkan kecepatan Puma dalam membuat design yang bagus menandingi brand lain. Sedangkan tulisan puma merupakan brand identity yang menjadikan perusahaan Puma menjadi salah satu produsen fashion terbesar di dunia.
3. Memperkuat hubungan Konsumen dengan Brand
Membuat masyarakat bersedia menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan memang tidak mudah. Namun, hal itu bisa dibantu dengan membuat visual identity yang bisa menarik dan membuat mereka relate dengan brand. Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa tampilan visual sebuah brand dapat menjadi wajah sebuah perusahaan atau bisnis.
Maka dari itu dari setiap aspeknya diharapkan dapat menyentuh sisi emosional konsumen, sehingga konsumen dapat merasakan filosofi perusahaan, dan mulai menggunakan produk sebagai solusi kebutuhan.
Cara Membuat Visual Identity
Setelah mengetahui apa saja elemen dan manfaat dalam membuat visual identity, mungkin Anda mulai tertarik dengan bagaimana cara membentuk visual identity yang dapat menggambarkan perusahaan dengan tepat, mari simak beberapa langkah berikut:
-
Buat visual identity yang sejalan dengan brand identity yang bisnis Anda bangun
-
Perdalam aspek – aspek visual identity, sehingga Anda memahami apa yang akan Anda bangun. Anda juga dapat bekerja sama dengan profesional dalam bidan desain
-
Fokus pada cerita yang menarik bagi target market
-
Buat visual identity se-simpel dan seunik mungkin, namun tetap dapat menggambarkan brand identity perusahaan Anda
-
Buat desain untuk berbagai media desain baik platform online maupun offline
Jika Anda tertarik untuk melakukan konsultasi atau merencanakan pembuat visual identity yang sesuai dengan gaya dan kepribadian perusahaan Anda, Superpixel sebagai content creator studio yang berbasis di Singapura dan Indonesia dapat membantu Anda merencanakan hingga memproduksinya untuk perusahaan Anda. Rumah produksi kami memiliki layanan utama berupa pembuatan animasi, motion graphics, dan interactive content yang dapat menjadi media promosi perusahaan Anda.
Pengalaman kami dalam dunia yang berhubungan dengan pembuat Visual Identity menjadikannya kami pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang merencanakan strategi Visual Identity bagi perusahaan. Jika Anda penasaran dan ingin tahu lebih jauh tentang Superpixel, langsung saja cek website kami di sini!