Promosi yang efektif diperlukan dalam strategi marketing bisnis. Kegiatan promosi bertujuan agar produk atau brand milik suatu perusahaan dapat dikenal masyarakat luas. Setiap perusahaan harus memahami strategi promosi online, waktu yang tepat melakukan promosi, dan jenis promosi agar kegiatan promosi berjalan efektif dan tujuan yang diinginkan tercapai.
Kenapa promosi itu penting untuk bisnis?
Ada beberapa alasan mengapa promosi itu penting untuk bisnis. Berikut alasannya:
1. Agar produk milik perusahaan dikenal masyarakat luas.
Disandingkan dengan banyak inovasi produk baru dan munculnya kompetitor dari seluruh dunia, Anda harus gesit dalam memperkenalkan produk baru milik Anda kepada konsumen.
2. Membangun citra brand dan image perusahaan yang positif
Dengan melakukan promosi, Anda memiliki kesempatan untuk mengkomunikasikan visi, misi, profil perusahaan serta fitur dan kelebihan brand Anda. Sehingga pembeli tertarik dan menyadari alasan mereka membeli produk milik Anda.
3. Meningkatkan loyalitas pelanggan
Pembuatan program loyalitas seperti member card dapat membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
4. Membantu dalam ekspansi bisnis
Semakin banyak masyarakat mengenal produk Anda, maka semakin besar peluang yang Anda miliki. Peluang itu dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan agar pendapatan bertambah dan digunakan sebagai modal untuk ekspansi atau membangun cabang baru.
5. Menciptakan komunikasi dengan konsumen
Melalui promosi, Anda dapat berkomunikasi secara tidak langsung dengan konsumen. Menghadirkan bisnis Anda di tengah masyarakat, memperkenalkan produk Anda, membangun citra brand merupakan komunikasi dengan konsumen.
Baca juga: Semua Tentang Branding Yang Perlu Anda Ketahui
Bagaimana Cara Promosi Yang Efektif?
Ada beberapa strategi yang harus Anda perhatikan untuk memastikan promosi Anda berjalan dengan efektif. Namun, perlu diingat bahwa efektivitas sebuah promosi dinilai berdasarkan tujuan yang ingin Anda capai. Beberapa tren strategi promosi yang bisa Anda aplikasikan, antara lain :
1. Social media marketing
Akhir-akhir ini, media sosial kerap digunakan dalam kegiatan pemasaran. Pasalnya setiap orang memiliki media sosial, sehingga media sosial menjadi tempat paling efektif untuk melakukan pemasaran. Fitur yang tersedia juga sangat menarik. Contoh: melalui aplikasi Instagram kita bisa mengunggah foto dan video produk. Instagram juga memberikan fitur hashtag yang membantu Anda mendapatkan konsumen baru.
2. Website
Membuat website menjadi salah satu strategi promosi yang tepat dalam memasarkan produk karena dapat membuat bisnis atau produk yang dipromosikan terlihat lebih berkualitas dan profesional. Selain itu, website juga dapat membantu bisnis dikenal banyak orang dan mudah dicari melalui mesin pencarian seperti Google, Bing, dan lain-lain.
3. Menjadi sponsor suatu event
Menjadi sponsor suatu event dapat memperbesar kesempatan bagi produk usaha Anda semakin dikenal masyarakat banyak. Hal ini akan menghasilkan brand awareness yang sangat berarti untuk Anda.
4. Marketplace selling
Marketplace merupakan platform yang berkembang setelah terjadi perkembangan internet. Penjualan produk melalui marketplace memiliki keuntungan karena dipasarkan melalui kategori yang sudah terorganisir. Pelanggan akan menemukan produk Anda dengan lebih mudah karena sudah tersedia di kategori yang ingin mereka cari.
5. Mengupload video promosi ke Youtube
Youtube merupakan platform yang berisi video dengan berbagai kategori. Selain sebagai media untuk membuat konten, Youtube juga bisa digunakan untuk sarana promosi. Dengan mengupload video produk Anda semenarik mungkin ke Youtube, maka para pelanggan akan tertarik untuk membeli produk Anda. Metode pembuatan video promosi terdiri atas berbagai jenis seperti berdurasi panjang atau pendek, video menggunakan animasi 2D atau 3D, dan lain-lain.
6. Endorsement
Endorsement merupakan strategi promosi yang dilakukan oleh selebgram, influencer, atau seorang publik figur melalui media sosial. Selebgram merupakan istilah bagi orang yang memiliki akun media sosial dengan followers yang cukup banyak dan dapat menarik perhatian banyak orang.
Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Promosi?
Saat melakukan promosi, Anda juga harus menyesuaikan dengan waktu dan kondisi yang berlangsung. Berikut beberapa waktu yang tepat saat memberikan promosi kepada konsumen :
1. New product launching
Saat peluncuran produk baru, Anda dapat memberikan promosi guna menarik perhatian para pelanggan. Anda bisa membuat event, memberikan diskon spesial kepada pengguna setia, atau meluncurkan video iklan untuk menyambut produk tersebut.
2. Membership
Anda juga dapat menerapkan sistem keanggotaan atau membership bagi layanan Anda agar layanan Anda dapat memberikan kesan personal bagi pelanggan. Misalnya, dengan memberikan para pelanggan dengan membership ucapan atau hadiah-hadiah khusus yang dapat mereka peroleh pada hari spesial mereka, seperti ulang tahun.
3. Networking event
Dalam acara seperti seminar, kegiatan sosial, dan lain-lain, Anda dapat memasarkan produk Anda sebagai souvenir. Hal ini bertujuan agar semakin banyak masyarakat yang mengenal produk Anda.
4. Hari-hari besar
Sudah bukan hal baru lagi, saat hari-hari besar, tentu akan ada diskon besar-besaran juga. Semua perusahaan akan berlomba-lomba memberikan diskon. Namun, Anda perlu hati-hati jika ingin memberikan diskon besar-besaran. Diskon yang terlalu besar juga dapat menimbulkan kesan pada produk menjadi bernilai rendah dan dianggap hanya cuci gudang.
5. Pembukaan cabang baru
Umumnya cabang baru di di daerah yang berbeda dengan pusatnya. Agar masyarakat di daerah tersebut dapat mengenal produk Anda, maka lakukanlah beberapa strategi promosi, seperti memberi sample, diskon, dan lain-lain.
Baca juga: Meningkatkan Brand Awareness Hingga Mencapai Top of Mind
Waktu Promosi yang Tepat Untuk Promosi di Media Sosial
Saat melakukan promosi di media sosial, Anda juga perlu memperhatikan waktu yang tepat. Hal ini bertujuan untuk meraih insight setinggi mungkin. Perhatikan hal berikut :
1. Facebook
Memiliki pengguna aktif mencapai 1,4 miliar, Facebook menjadi salah satu pilihan terbaik untuk promosi. Waktu terbaik dalam mengunggah di Facebook yaitu hari Rabu pukul 12 hingga 3 sore. Umumnya pengguna Facebook aktif di weekdays, terutama hari Kamis. Ada juga waktu yang sebaiknya Anda harus hindari dalam memposting di Facebook yaitu pukul 10 malam hingga 4 pagi.
2. Twitter
Twitter memiliki pengguna aktif mencapai 336 juta dan sekitar 350 ribu tweet aktif setiap menitnya. Waktu yang tepat untuk promosi di Twitter yaitu pukul 12 hingga 3 sore, sedangkan hari terbaiknya yaitu hari Jumat. Ada juga waktu yang perlu Anda hindari yaitu pukul 8 malam hingga 8 pagi dan hari Minggu pagi.
3. Instagram
Waktu yang dianjurkan dalam memposting di Instagram baik feeds ataupun post adalah untuk gambar pukul 3 sampai 4 sore dan untuk video pukul 9 malam hingga 8 pagi. Hari Minggu, Rabu, dan Kamis merupakan hari yang baik untuk Anda memposting di Instagram. Waktu yang sebaiknya Anda hindari yaitu pukul 6 malam dan seterusnya.
4. Pinterest
Berbeda dengan sosial media lainnya, Pinterest memiliki fitur unik yaitu fitur ‘pins’. Fitur ini bisa digunakan bagi para penggunanya untuk like dan menyimpan konten yang mereka sukai. Dengan pengguna aktif sekitar 250 juta, Pinterest memiliki waktu terbaik untuk promosi yaitu 8-11 malam dan pada hari Sabtu dan Jumat. Waktu yang sebaiknya Anda hindari yaitu sekitar pukul 1 subuh sampai 7 pagi dan pukul 5-7 sore.
5. Youtube
Waktu terbaik dalam memposting video di Youtube adalah sekitar pukul 12 siang hingga 4 sore. Sebaiknya Anda melakukan promosi di waktu tersebut karena kebanyakan pengguna Youtube aktif di sore hari. Hari Kamis dan Jumat merupakan hari yang cukup baik untuk Anda memposting video promosi Anda di Youtube. Sedangkan saat weekend, Anda lebih baik memposting video pada pukul 9 pagi hingga 11 siang.
Strategi Promosi Online Ampuh Untuk Brand Anda
Promosi secara online berbeda dengan konvensional atau offline. Promosi ini menjangkau lebih luas dan kompleks, serta adaptif dengan berbagai jenis dan produk. Terdapat beberapa strategi promosi online yang dapat Anda gunakan :
1. Search Engine Optimization (SEO)
Search Engine Optimization atau SEO dilakukan dengan tujuan agar website Anda muncul di halaman pertama Google. Kunci keberhasilan strategi ini terletak pada konten yang disajikan dalam website perusahaan.
2. Pay Per Click (PPC)
Strategi pemasaran online kedua yaitu Pay Per Click, yang berarti Anda menggunakan jasa promosi sesuai jumlah klik yang dilakukan konsumen. Pay Per Click memiliki beberapa keunggulan yaitu dapat mengatur target konsumen, mengontrol budget iklan, dan mengatur durasi penampilan iklan.
3. Content Marketing
Content Marketing merupakan strategi promosi online yang dilakukan dengan membuat artikel, infografis, majalah atau video yang diunggah ke website atau sosial media.
4. Affiliate Marketing
Strategi terakhir yaitu bekerjasama atau berkolaborasi dengan pengusaha lain agar saling membantu memasarkan produk dan membagi keuntungannya. Dengan strategi ini, Anda dapat meningkatkan penjualan serta memperluas relasi bisnis.
Beberapa strategi promosi diatas dapat Anda pilih dalam memasarkan suatu produk. Selain itu, ada juga strategi promosi lain yaitu video marketing. Video marketing adalah strategi pemasaran yang mempromosikan suatu produk dan jasa dalam bentuk video. Video marketing bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan produk/brand di saluran digital atau sosial dan meningkatkan produk serta brand awareness kepada pelanggan. Video marketing sangat penting di dalam bisnis karena di era digital sekarang, karena semua orang suka menggunakan smartphone-nya untuk tonton video di berbagai platform.
Video animasi juga kerap digunakan dalam strategi promosi. Pasalnya, video animasi cenderung lebih menarik perhatian dan efektif. Melalui video animasi, perusahaan dapat lebih mudah dalam memasarkan produk bersamaan dengan menyampaikan makna dan manfaatnya kepada publik. Penjelasan melalui karakter animasi tentu lebih menarik dibandingkan seseorang yang berbicara di depan kamera selama beberapa menit.
– – –
Promosi dilakukan untuk memperkenalkan produk kepada khalayak banyak, baik secara konvensional atau modern seperti sosial media. Promosi juga bertujuan untuk meningkatkan penjualan perusahaan, sehingga harus dilakukan secara efektif agar tujuannya tercapai. Anda harus memperhatikan waktu, kondisi dan tempat saat Anda berpromosi supaya proses promosi berjalan efektif. Salah satu promosi yang paling efektif adalah video marketing. Video marketing dapat menjangkau pangsa pasar yang sangat luas karena menjadi konsumsi utama di media sosial.
Apakah Anda sudah memikirkan kapan dan dengan teknik apa akan melakukan promosi? Nantikan artikel kami selanjutnya!